SEKILAS INFO
  • 3 tahun yang lalu / Mari Bantu Demi Kelancaran Renovasi Mushola Miftahul Huda Informasi Donasi BSM 7130713488 an Miftahul Huda. Semoga menjadi pahala yang besar di akhirat, ketika kita sudah meninggal, maka pahala pun tetap terus mengalir dengan amalan jariyah yang terus dilakukan oleh jamaah masjid, dimana masjid mereka menjadi lebih baik, terbuka dan akuntabel.
  • 3 tahun yang lalu / Jangan lupa untuk mempersiapkan diri menyambut Idul Adha tahun 1440 H.
  • 3 tahun yang lalu / Disunnahkan untuk berpuasa hari Tarwiyah dan Arafah tanggal 8 dan 9 Dzulhijah
WAKTU :

Kiat-kiat Ibadah Bulan Ramadhan

Terbit 3 Oktober 2017 | Oleh : miftahulhuda | Kategori : Ibadah
Kiat-kiat Ibadah Bulan Ramadhan

KIAT-KIAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

?Seseorang yang punya hajatan pernikahan misalnya, biasanya mempersiapkan untuk menyambutnya jauh-jauh hari sebelumnya. Semua dipersiapkan agar rangkaian acara pernikahan berjalan dengan lancar dan meriah.

?Seseorang yang mau safar juga mempersiapkan perbekalan selama di perjalanan. Para pelajar yang mau meneruskan belajarnya juga butuh persiapan. Karena persiapan atau perencanaan itu akan membantu dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

?Demikian pula, kaum muslimin sebelum memasuki bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan lebih pantas untuk melakukan persiapan, agar bulan Ramadhan nanti membawa hasil yang bagus untuk peningkatan keimanan dan ketakwaan serta mendapatkan maghfirah dari Allah Ta’ala .

Di antara kiat-kiat menyambut bulan Ramadhan adalah:

A. Persiapan Rohani/Mental:

1. Bergembira menyambut bulan Ramadhan. Bagaimana tidak gembira, pada bulan Ramadhan dibuka pintu lebar maghfirah dan rahmat Allah Ta’ala. Dan dilipatgandakan pahala ibadah di dalamnya.
Jangan sebaliknya malah bersedih, karena berpuasa akan merasa lapar dan haus, tapi hendaknya mengingat bahwa pahala puasa sangat besar dan tak terbatas di sisi Allah Ta’ala. Dahulu para salaf berdoa enam bulan sebelum Ramadhan agar bisa dipertemukan dengan bulan mulia itu agar bisa mengambil keutamaannya.

2. Memperbarui niat yang ikhlas. Jangan sampai ibadah-ibadah di bulan Ramadhan tercampur niat tidak ikhlas, misalnya sebagian orang yang ingin diet senang berpuasa di bulan Ramadhan agar BBnya turun dan ideal. Tujuan ini seharusnya dibuang jauh-jauh, agar ibadah puasa mendapatkan pahala sempurna.

3. Banyak bertaubat kepada Allah Ta’ala. Dengan sebab taubat insyaallah akan membuka hati hamba untuk meningkatkan ibadah dan taqarrub kepada Allah Ta’ala pada bulan Ramadhan, karena semangat dan motivasi ibadah itu muncul dari dalam hati seseorang, jika hati seorang bersih dan selamat maka akan mudah dan semangat dalam beribadah dan taat kepada Allah Ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُون

“Setiap keturunan Adam itu banyak melakukan dosa dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat.” Hasan. HR. Tirmidzi: 2499.

4. Persiapan Ilmu, yaitu dengan mempelajari dan memahami fikih puasa dan ibadah pada bulan Ramadhan. Yaitu dengan menghadiri majlis ilmu yang berkaitan dengan itu atau membaca buku-buku dan majalah.

5. Persiapkan target-target ibadah. Misalnya:
– Khatam Al-Qur’an 4x sebulan.
– Bersedekah dan memberikan makanan buka puasa 100 orang.
– Shalat tarawih rutin tiap malam.
– i’tikaf 10 hari terakhir bulan Ramadhan,
– Selalu menjaga shalat-shalat sunnah rawatib, dll.

B. Persiapan Fisik Dan Materi:

1. Persiapkan badan agar tetap fit dan sehat untuk menyambut bulan Ramadhan. Yaitu dengan olah raga, makanan bergizi atau dengan berbekam. Karena badan yang sehat sangat membantu dalam melaksanakan ibadah-ibadah di bulan suci, seperti shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, dll.

2. Persiapkan materi berupa finansial, untuk bisa meraup amalan ibadah yang utama di bulan suci. Misalnya dipersiapkan dana untuk memberi makan buka orang yang berpuasa, memberi sedekah kaum fakir dan miskin, memberi hadiah kepada sesama, terlebih lagi bisa umrah di tanah suci, dll. Wallahu a’lam.

Ustadz Agus Santoso, Lc., M.P.I .حفظه الله تعالى

#Qolbuislami
#KiatMenyambutRamadhan

SesudahnyaMembangun Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah

Tausiyah Lainnya